Sunday 9 September 2007

Cara Aman Menggunakan Kartu Kredit Dalam Transaksi Online

Kemudahan belanja lewat internet memang menggoda, semua yang Anda cari ada di sana, mulai tiket konser, barang elektronik, hingga wayang golek. Hebatnya, tidak jarang harganya lebih murah daripada di toko. Namun, ketika sampai di tahap pembayaran, isu keamanan menjadi sumber keengganan bagi sebagian orang. Toko online dari luar negeri umumnya mewajibkan pembayaran dengan kartu kredit, berbeda dengan situs Indonesia yang lebih banyak menggunakan fasilitas transfer bank. Pertanyaannya, seberapa yakin kita bahwa transaksi ini aman?
..
Memberikan data kartu kredit dan diri kita lewat situs rasanya seperti memberi cek kosong kepada orang yang tidak kita kenal. Memang tidak salah seluruhnya, namun sebetulnya transaksi kartu kredit baik online maupun gesek langsung sama-sama mempunyai risiko. Yang terpenting justru bagaimana cara kita agar terhindar dari tindakan tak bertanggung jawab pihak lain. Kuncinya sederhana, luangkan waktu untuk belajar. Berikut beberapa informasi yang berguna untuk Anda ketika belanja di dunia maya.
..
1. Menggunakan kartu pembayaran prabayar. Berbentuk sebuah kartu khusus dengan jumlah nilai tertentu (voucher) sebagai alat pembayaran pengganti kartu kredit. Caranya, tinggal masukan nomor kartu pada situs toko online. Kartu ini aman karena jumlah nilainya tidak terlalu besar dan umumnya hanya sekali pakai. Kelemahan kartu ini selain tidak bisa diterima secara luas oleh semua situs juga tempat pembelian kartunya hanya di tempat-tempat tertentu.
..
2. Menggunakan pembayaran pihak ketiga, seperti PayPal, e-Gold, dan lain-lain. Pertama kita mendaftar sebagai anggota PayPal, kemudian kita masukkan sejumlah dana ke rekening kita di PayPal. Tentu dengan kartu kredit. Meski dengan kartu kredit, situs seperti PayPal dijamin aman. Nantinya kalau hendak membayar ke situs toko online, cukup dengan transfer dari rekening kita di PayPal. Meski untuk itu situs penjual juga harus mempunyai rekening PayPal, tapi belakangan semakin banyak web yang menerima pembayaran lewat PayPal. Logikanya, kita tidak perlu memasukkan kartu kredit kita di semua situs apalagi situs yang baru dikenal, tentu ini lebih aman.
..
3. Gunakan browser internet dengan fitur keamanan terbaru. Beberapa browser hadir dengan kemampuan enkripsi untuk mengacak data yang kita kirim ke server situs penjual. Teknologi ini sering pula disebut sebagai SSL (Secure Sockets Layer). Prinsipnya data diamankan dengan teknologi yang disebut sebagai enkripsi. Perangkat lunak enkripsi mengacak data dengan satu kode khusus yang tidak memungkinkan orang lain “mengintip” ketika sedang di kirim. Saat data sampai di tujuan, software yang sama mengembalikan data acak tadi ke bentuk aslinya. Salah satu tanda bahwa kita benar berada dalam situs yang aman adalah alamat web-nya diawali dengan "https://....", tanda "s" adalah secure (aman). Selain itu, pada bagian bawah browser juga terlihat ikon gembok yang terkunci. Jika tidak ada tanda-tanda itu, kemungkinan besar Anda bertransaksi dalam situs yang tidak aman sama sekali. Artinya, sangat mungkin data Anda “diintip” apa adanya.
4. Perhatikan logo-logo sertifikat keamanan suatu situs. Logo keamanan itu dikeluarkan oleh perusahaan independen yang telah memeriksa keamanan suatu situs. Logo tadi menandakan bahwa situs tersebut telah dinyatakan aman. Dengan meng-klik logo tersebut Anda akan mendapatkan informasi detail tentang situs. Ini perlu dilakukan untuk menghindari upaya pemasangan logo palsu oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
..
5. Baca aturan privasi (privacy policy) yang ada dalam situs toko online. Aturan ini menyatakan apa yang akan terjadi dengan data Anda setelah disimpan dalam database situs tersebut. Sekaligus memastikan bahwa pengelola situs menyatakan tidak akan menjual pada pihak lain. Seperti dengan sertifikat keamanan, situs dengan aturan privasi yang telah diperiksa pihak independen bisa memasang logo yang berarti aturan privasinya tidak melanggar hukum dan melindungi konsumen.
..
6. Hanya gunakan satu kartu untuk semua transaksi online. Meskipun Anda memiliki 10 kartu kredit, usahakan hanya satu yang sering dipakai belanja online. Sederhana saja, selain kemungkinan kartu kredit lain “diintip”, juga agar Anda mempunyai waktu memeriksa detail tagihan kartu kredit belanja online.
..
7. Jangan pernah mengirimkan data penting lewat e-mail. Sangat mungkin e-mail tersebut dari penipu, sebab menjadi aturan umum bahwa situs yang benar tidak akan pernah meminta Anda mengirimkan data penting lewat e-mail.
..
8. Simpan semua bukti transaksi intenet Anda dalam bentuk file. Ketika Anda menerima tagihan, pastikan untuk memeriksa bahwa tidak ada transaksi yang tidak Anda kenal.
..
Lepas dari semua itu, sekarang adalah saat yang tepat untuk membuktikan bahwa orang Indonesia masih banyak yang baik dan bertanggung jawab untuk transaksi online. Sebab, citra Indonesia dalam hal transaksi internet terpuruk di posisi bawah. Tak terhitung jumlah situs internasional yang menolak pembeli dari Indoensia. Pasalnya selama ini banyak transaksi online dari Indonesia menggunakan kartu kredit curian. Prestasi ini jelas tak patut untuk dibanggakan.

Kunjungi www.investasi-saham.com untuk investasi saham dan bermain saham. Panduan Lengkap dalam Berinvestasi di Pasar Modal, Bursa Efek Indonesia, Saham, Obligasi, ORI, SUKUK, Reksadana, Derivatif, Investasi Syariah dan Produk Investasi Keuangan lainnya serta Belajar Menjadi Investor/ Trader (Main) Saham.

5 Comments:

At 12 September 2009 at 09:48 , Anonymous Anonymous said...

Thanks for informationa :)

 
At 5 December 2011 at 02:44 , Blogger obat alami said...

makasih informasinya sukses selalu

 
At 7 May 2013 at 14:53 , Blogger purwacarita said...

I-KOIN SISTEM PEMBAYARAN ONLINE INDONESIA
https://i-koin.com/

 
At 12 May 2013 at 16:55 , Blogger Edward said...

Thanks for sharing this sites!

online kredit test
online kredit vergleich

 
At 12 May 2014 at 00:26 , Anonymous Anonymous said...

This is really pretty cool place I like it because it has everything I want more on this blog soon.
repair credit

 

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home

  • Investasi Saham dan Bermain Saham
  • Underwater Photography Camera
  • Best Nikon DSLR
  • Gadget News and Review
  • Playstation Console Deals
  • Celestron Nexstar Telescope
  • Garmin 1490 GPS
  • Apple Macbook Pro Best Deals
  • Samsung Galaxy Tab
  • Motorola Xoom
  • Lifespan Best Home Treadmill
  • Expert Stock Screener
  • Online Forex Trading
  • Bermain Valas Secara Online
  • Properti dan Interior Design
  • Online Hotel Reservation
  • Toko Situs Web
  • Canon EOS Rebel T3i